Selasa, 22 Februari 2011

Alur bikin SIM di Polres Gunungkidul DIY

Sedikit berbagi pengalaman. Tanggal 5 Februari 2011 saya bikin SIM A baru. Meski sebenarnya bukan SIM A “baru” buat saya. Karena sejak 10 th yang lalu saya sudah punya SIM A, tapi keluaran Jawa Timur. Untuk perpanjangan di Polres Gunungkidul harus cabut berkas dulu dari Jawa Timur (KTP Jatim dah dicabut, KTP sekarang ngikut istri). Karena ga mau repot, saya memilih untuk bikin baru.Kira-kira begini alurnya:

1. Berangkat dari rumah, pakai pakaian sopan (kemeja+celana panjang) dan bersepatu. Berdasarkan pengalaman, kalo pake celana pendek, biasanya diajak tukeran celana sama pak polisinya ato disuruh pulang ganti celana panjang. Soal sepatu, kadang pake sandal jg boleh, asal bukan sandal jepit (sandal ke mushola).
2. Fotokopi KTP Gunungkidul yang masih aktif 2 lembar.
3. Tes kesehatan di dokter polisi, tempatnya dibelakang Kejaksaan depan Polres. Menurut pengamatanku, seperti di komplek pasar. Tp ga tau nama pasarnya. Yang dites: tekanan darah, mata, timbang dan ukur tinggi badan. Ada juga yang  langsung dikasih surat keterangan sehat tanpa dites, yang penting bayar. Ditempat ini menyerahkan 1 lembar fotokopi KTP. Biayanya Rp 20.000,00
4. Sidik jari, kadang dimintain foto warna. Tp krn kemarin saya ga bawa foto, akhirnya ga nyerahin. Biaya sidik jari Rp 5000,00
5. Loket 1 (Pendaftaran), nyerahin Surat Keterangan Sehat + Fotokopi KTP+Keterangan rumus sidik jari. Dari loket ini diberi formulir pendaftaran untuk diisi sendiri.
6. Loket Pembayaran, dengan Biaya: SIM C baru Rp 100.000,00 dan SIM A baru Rp120.000,00.
7. Slip pembayaran dijadikan satu dengan formulir pendaftaran dan diserahkan kembali ke Loket 1 (Pendaftaran).
8. Dari loket 1, berkas yang telah disahkan diloket ini, diserahin ke ruang Ujian Teori dan Praktek.
9. Bila lulus Ujian teori dan praktek, berkas dibawa ke ruang cetak SIM, lalu diFoto, nyetak SIM dan selesai
Bila ga lulus ujian, slip pembayaran dikembalikan untuk diuangkan kembali.
Biaya total untuk pembuatan SIM A baru adalah Rp 140.000,00 (RESMI). Ada desas desus kl mau “gampang” biayanya Rp 250-300 ribu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar