Minggu, 31 Maret 2013

Air Terjun Kakek Bodo Prigen, Pasuruan

Berawal dari keinginan untuk melepas penat diakhir pekan, muncullah ide untuk sedikit berpetualang ke alam pegunungan. Setelah baca sharingnya temen-temen diblog mereka, akhirnya saya memutuskan untuk pergi ke Air Terjun Kakek Bodo di kawasan Prigen, Pasuruan. Berangkat dari rumah dengan motor dengan jarak sekitar 35 km (Sidoarjo-Kakek Bodo Waterfall) cukup bermodal uang BBM Rp 10.000,00 saja (Premium) untuk perjalanan pulang pergi. Untuk menuju lokasi ini, sarana transportasi tidaklah sulit. Selain kendaraan pribadi, ada kendaraan umum atau pun ojek yang siap mengantar kita sampai tujuan. Untuk kendaraan umum, dari Surabaya atau Malang turun diterminal Pandaan. Dari terminal ini kita melanjutkan perjalanan dengan angkot jurusan Prigen. Untuk ojek, ongkosnya sekitar 15-20 ribu. Berikut ini sedikit foto-foto yang saya ambil dilokasi. 

Perjalanan dari tempat parkir ke lokasi Air Terjun (500m)

Tempat Parkir R4 atau lebih

Untuk parkir kendaraan roda dua, sebelum pintu masuk utama langsung belok kiri terus naik hingga sampai pada lokasi parkir. Untuk pemotor pemula, harap lebih hati-hati karena tanjakan yang sangat curam dan jalannnya yang licin. Biaya parkir kendaraan roda dua sebesar Rp 4.000,00. 

Loket 1 (Pintu Masuk)
 
Mushola

Deretan Warung
 
Peringatan untuk tidak bermain disungai karena bahaya banjir bandang
 
Bila anda telah sampai dilokasi seperti foto diatas, berarti lokasi air terjun sudah dekat


Dan inilah keindahan alam yang luar biasa itu

Bonus 
Bila beruntung, selama diperjalanan menuju air terjun anda bisa ketemu dengan saudara jauh kita :
 

Atau bila mau sedikit jeli, anda bisa mengambil gambar seperti ini :



Kolam Renang
Belum puas berbasah ria di air terjun, anda bisa melanjutkannya dikolam renang dengan tiket masuk Rp 5.000,00 per orang. Airnya dingin dan bersih khas air pegunungan dan tentunya bebas kaporit.


Ada seluncuran mininya
  Catatan (per 29 Maret 2013) :
  1. Trek yang harus ditempuh untuk ke lokasi air terjun lumayan jauh sekitar 500 meter dengan medan yang naik turun dan hanya bisa dilalui dengan jalan kaki dengan kondisi udara yang sejuk. Sepanjang perjalanan, pemandangannya luar biasa indah sehingga tak akan terasa lelah.
  2. Tarif parkir R2 yang tertera di karcis parkir adalah Rp 1.000,00 tapi saya harus bayar Rp 4.000,00. Buat saya, ini tidak masalah. Karena saya mendapatkan pelayanan yang luar biasa ditempat parkir, antara lain dibantu membawa tas, menyimpan helm, dan motor saya ditaruh ditempat yang teduh.
  3. Tarif masuk yang tercetak di karcis masuk adalah Rp 8.000,00 namun ada koreksi tarif yang distempel basah dikarcis yaitu menjadi Rp 10.000,00.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar